Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi & Tugas Akhir di Word

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi & Tugas Akhir di Word

 Cara membuat nomor halaman berbeda - Dalam membuat atau menulis sebuah skripsi terdapat aturan-aturan tertentu. Seperti ukuran, jenis huruf dan juga format penomoran halaman yang digunakan.

Hal tersebut dikarenakan skripsi merupakan karya ilmiah. Berbeda dengan non karya ilmiah, yang pada umumnya letak nomor halamannya tetap.

Sedangkan untuk karya ilmiah, letak penomoran halamannya bisa berbeda-beda di setiap halamannya.

Lalu bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda pada skripsi?

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah saya buat di bawah ini.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi

Sebelumnya Anda harus sudah punya skripsi yang ada dalam satu dokumen ya. Kemudian ubah halaman cover menjadi section 1 (baik itu header dan footernya), lembar pengesahan menjadi section 2 dan seterusnya.

Langkah 1. Arahkan kursor ke sebelah kiri lembar pengesahan => pilih menu Page Layout => Breaks => pilih Next Page. Maka covernya sudah berubah jadi secion 1 dan lembar pengesahan jadi section 2.

Langkah 2. Silahkan klik di area headernya lembar pengesahan. maka akan ada tulisan Same as Previous. Artinya format halaman ini sama seperti halaman sebelumnya.

Kita tidak menginginkan itu karna disini kita akan membuat nomor halamannya berbeda. Maka yang perlu dilakukan adalah menonaktifkan Link to Previous, baik itu dibagian header maupun footernya.

Langkah 3. Ubah BAB I menjadi section 3. Caranya Arahkan kursor ke sebelah kiri BAB I => pilih menu Page Layout => Breaks => pilih Next Page. Kemudian nonaktifkan Link to Previous, baik itu dibagian header maupun footernya.

Karena halaman BAB I format nomor halamannya berbeda halaman selanjutnya, maka kita harus mengaktifkan Different First Page.

Perbedaan nomor halaman BAB I dan halaman selanjutnya yaitu BAB I nomor halamannya berada di posisi tengah bagian bawah. Sedangkan halaman selanjutnya berada di sebelah kanan atas. Kemudian nonaktifkan Link to Previous, baik itu dibagian header maupun footernya.

Langkah 4. Selanjutnya ubah BAB II menjadi section 4, BAB III jadi sekction 5 dan Daftar Pustaka jadi section 6. Silahkan ikuti Langkah 3.

Oya, untuk BAB II nya bagian Different First Page nya sudah otomatis di centang. Untuk Link to Previous nya tidak usah di nonaktifkan. Agar format nomor halamannya mengikuti BAB I.

Jika Daftar pustaka hanya memiliki 1 halaman saja, maka Anda harus menonaktifkan Different First Page dan Link to Previous nya (di header dan footer).

Langkah 5. Setelah selesai. Kita akan membuat nomor halamannya. Untuk cover tidak perlu dibuat nomor halamannya, jadi langsung ke bagian lembar pengesahan saja. Caranya klik area Footer => Page Number => Bottom of Page => pilih Plain Number 2.

Ubah nomor halaman menjadi angka romawi. Caranya pilih Page Number => Format Page Number => ubah angka menjadi huruf romawi => pilih Start at "i" => klik Oke.

Langkah 6. Sekarang kita akan membuat nomor halaman di BAB I. Caranya klik area Footer => Page Number => Bottom of Page => pilih Plain Number 2.

Ubah nomor urut halamannya dimulai dari angka 1. Caranya pilih Page Number => Format Page Number => pilih Start at "1" => klik Oke.

Langkah 7. Selanjutnya kita akan membuat nomor halaman setalah halaman BAB I. Biasanya nomor halamannya berada di atas sebelah kanan. Caranya klik area Header => Page Number => Top of Page => pilih Plain Number 3

Untuk BAB II dan III sudah mengikuti format halaman dari BAB I. Begitu juga untuk nomor halamannya sudah otomatis mengikuti format halaman sebelumnya.

Langkah 8. Kita akan membuat nomor halaman Daftar pustaka. Caranya silahkan ikuti Langkah 6.

Cara Memperbaharui Daftar Isi Otomatis di Word

Setelah selesai membuat nomor halaman skripsinya. Selanjutnya kita harus memperbaharui atau update nomor halamannya yang berada di daftar isi. Caranya berikut ini.

Langkahnya. Klik di area Daftar isi => Update Table => pilih Update Entire Table => klik Oke.

Ket:

  • Update Page Number Only: hanya memperbaharui nomor halamannya saja.
  • Update Entire Table: memperbaharui semua daftar isi, mulai dari nomor halaman dan judul halamannya.

Video Tutorial


Penutup

Itulah cara membuat nomor halaman berbeda untuk skripsi. Mudah kan. Silahkan mencoba ya.

Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel