Cara Custom Domain Blogspot [Mudah dan Cepat]

Cara Custom Domain Blogspot [Mudah dan Cepat]

 Cara custom domain - Salah satu pilihan orang saat ini untuk membuat blog gratis adalah dengan menggunakan blogspot. Hal tersebut dikarenakan blogspot sangat mudah digunakan, khususnya bagi pemula.

Namun setelah selesai membuat blog, alamat website (url blog) nya memiliki akhiran blogspot.com. Example: galoveti.blogspot.com.

Menurut saya pribadi, alamat website dengan akhiran seperti itu kurang mendapat kepercayaan dari pengunjung. Sehingga biasanya sering diabaikan.

Tapi nggak usah khawatir, Anda bisa mengganti domain blogspot menjadi TLD (Top Level Domain) atau biasa disebut custom domain.

Sebelum kita ke cara custom domain blogger, ada beberapa hal yang akan saya bahas dibawah ini.

Apa itu Domain Blogspot?

Domain blogspot adalah sebuah alamat website (url blog) dengan akhiran blogspot.com yang diberikan secara gratis kepada pengguna yang membuat blog di blogger.com

Apa itu Custom Domain?

Custom domain adalah cara untuk menghubungkan situs web yang Anda buat dengan domain yang Anda miliki. Sedangkan domain adalah nama sebuah alamat yang ditujukan pada sebuah website yang Anda tuju.

Singkatnya, domain ini merupakan bentuk sederhada dari alamat IP yang berupa kombinasi angka yang rumit. Contohnya: .com, .net, .co.id, .store, .org dan masih banyak lagi.

Mungkin Anda ingin tahu berapa harga domain?

Untuk harga domain sih tergantung di penyedia nya masing-masing, misal saya membeli domain .com ini di rumahweb seharga Rp. 148.500/tahun.

Cara Custom Domain ke Blogspot

Karena saya adalah pengguna dari rumahweb, maka saya akan menjelaskan cara custom domain blogspot di rumahweb. Berikut ini adalah langkah-langkahnya. Baca juga: Cara Menghapus Domain Blogspot

1. Masuk ke akun Blogger.

2. Kemudian klik menu Setting =>  scroll kebawah => pilih Domain Kustom.

3. Selanjutnya isi nama domain Anda. Misalnya nama domain Anda galoveti.com, cara mengisinya www.galoveti.com => klik Save.

4. Nanti akan tampil "CNAME" yang harus dipasang di domain manager Anda.

NB: CNAME yang diatas nantinya akan digunakan untuk setting di domain manager/clientzone.

Sementara kita tinggalkan dahulu bloggernya, dan silahkan login ke akun rumahweb Anda berikut ini: clientzone.rumahweb.com

5. Pilih Domain Anda.

6. Klik menu "Nameservers". Silahkan setting seperti pada gambar.


Penutup

Begitulah tutorial cara mengganti domain blogspot (custom domain) yag dapat saya jelaskan. Jika melakukan langkah-langkah diatas, selanjutnya Anda tinggal menunggu hingga domain tersebut bisa diakses. Jika ada kendala, silahkan hubungi cs dari rumahweb nya.

Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel