Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Nomor Halaman Berbeda di MS Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Nomor Halaman Berbeda di MS Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Cara membuat daftar isi otomatis - Bagi Anda yang sedang membuat skripsi, tugas akhir, makalah atau penulisan karya ilmiah. Pasti bingung kan gimana cara membuat daftar isi secara otomatis dengan nomor halaman berbeda di Microsoft Word?

Tenang, nggak usah khawatir. Disini saya akan beritahu cara membuat daftar isi otomatis di word dengan cepat dan mudah. Baca juga: Cara Membuat Label Undangan 103 di Microsoft Word

Sebelum itu, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih daftar isi itu dan apa fungsinya?

Daftar isi merupakan bagian penting yang memuat bab dan sub-bab dari skripsi, tugas akhir ataupun karya ilmiah yang telah kita buat lengkap dengan nomor halamannya. 

Fungsi daftar isi yaitu untuk memudahkan pembaca dalam menemukan nomor halaman dari bagian tertentu yang sedang dicari oleh pembaca tersebut.

Lalu, bagaimana cara membuat daftar isi otomatis dan no halaman berbeda dalam 1 file Ms Word ?

Membuat daftar isi otomatis memang agak sedikit ribet, karna harus melakukan langkah-langkah yang terbilang banyak.

Walaupun begitu, setidaknya membuat daftar isi otomatis lebih enak di bandingkan harus membuat daftar isi secara manual yang memakan waktu cukup lama. Baca juga: Cara Membuat Header dan Footer Berbeda Tiap Halaman di Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Adapun tutorial cara membuat daftar isi otomatis di Word adalah sebagai berikut ini.

Langkah 1.buka dokumen Word yang ingin dibuat daftar isinya. Disini saya sudah membuat dokumen yang mempunyai BAB I, II, III dan Daftar pustaka yang akan dimasukkan kedalam daftar isi.

Langkah 2. Blok BAB I => klik menu References => Add Text => pilih Level 1. Kemudian ubah posisinya ke tengah, klik menu Home => pilih Center.

Kenapa level 1? Karena BAB I merupakan judul Bab.

Langkah 3. Kemudian blok Latar Belakang => klik menu References => Add Text => pilih Level 2. Kemudian ubah posisinya ke tengah.

Ini dijadikan level 2 karena merupakan Sub-Bab.

Langkah 4. Begitu juga untuk Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan Makalah dan Manfaat Penelitian di jadikan level 2. Caranya sama seperti no 2 diatas.

Langkah 5. Blok BAB II => klik menu References => Add Text => pilih Level 1. Kemudian ubah posisinya ke tengah. BAB II juga merupakan judul Bab.

Langkah 6. Blok Pengertian dan Manfaat Layout => klik menu References => Add Text => pilih Level 3. Kemudian ubah posisinya ke tengah. Ini merupakan judul Sub dari Sub-Bab.



Langkah 7. Lakukan cara diatas sampai pada halaman yang ingin kalian buat daftar isinya.


Catatan: Intinya golongkan setiap judul sesuai dengan bagiannya. Seperti judul bab adalah level 1, sub-bab adalah level 2 dan sub dari sub-bab adalah level 3.

Langkah 8. Selanjutnya kita buat daftar isi. Caranya arahkan kursor ke samping kiri BAB I => tekan Enter. Ini dilakukan agar ada jarak antara daftar isi dengan BAB I nya.

Lalu klik Page Layout => Breaks => pilih Next Page.

Langkah 9. Kemudian pada menu References, klik Table of Contents => pilih Automatic Table 1. Maka daftar isinya akan muncul.

Langkah 10. Ubah Contents menjadi Dafttar Isi dan ubah posisinya ke tengah.

Nah, disini BAB III dan Daftar Pustaka nya belum masuk kedalam daftar isi. Untuk menambahkannya ke daftar isi, caranya blok BAB III => klik menu References => Add Text => pilih Level 1 dan ubah posisinya ke tengah (ikuti Langkah 2 diatas).

Langkah 11. Kemudian klik di area Daftar Isi, akan muncul tulisan Update Table dan silahkan di-klik. Maka akan muncul jendela Update Table of Contents. Ada 2 pilihan yang tersedia, silahkan pilih Update entire table => lalu klik Oke.

Catatan: Untuk Update page number only artinya hanya memperbaharui nomor halamannya saja. Sedangkan Update entire table berarti memperbaharui semua daftar isi.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word

Setelah selesai membuat daftar isi, selanjutnya kita akan membuat nomor halamannya.

Langkah 1. Selanjutnya membuat nomor halaman. Caranya klik menu Insert => Page Number => Bottom of Page => pilih Plain Number 3.

Langkah 2. Sekarang nomor halamannya sudah muncul. Namun disini kita akan buat nomor halamannya berbeda. Dengan kombinasi angka dan huruf romawi.

Caranya klik di area nomor halaman pada daftar isi, lalu klik Page Number => Format Page Number.

Maka muncul jendela Page Number Format. Ubah Number Format menjadi huruf romawi. Dan pilih Start at (isi dengan huruf i) lalu klik Oke.

Untuk membuat nomor halaman berbeda, kita tidak perlu lagi membuat Next Page pada halaman BAB I nya, karena kita sudah membuatnya diawal (Langkah 8). Baca juga: Cara Mengubah Warna Background Pas Foto di Word

Langkah 3. Karena tadi kita sudah membuat nomor halamannya, jadi kita hanya perlu mengubah nomor halamannya agar berurutan. Caranya arahkan kursor di halaman BAB I nya, lalu klik Insert => Page Number => pilih Format Page Number.

Muncul jendela Page Number Format. Ubah Number Format menjadi angka. Dan pilih Start at (isi dengan angka 1) lalu klik Oke.

Langkah 6. Sekarang kita sudah selesai membuat nomor halaman berbeda. Namun belum selesai sampai distu. Terakhir kita update nomor halamannya di dalam daftar isi.

Caranya klik di area Daftar Isi, maka muncul tulisan Update Table dan silahkan di-klik.

Maka akan muncul jendela Update Table of Contents. Ada 2 pilihan yang tersedia, silahkan pilih Update entire table.

Video Tutorialnya



Penutup

Silahkan ikuti cara membuat daftar isi otomatis dan nomor halaman berbeda di word yang sudah saya jelaskan di atas. Jika masih ada yang kurang jelas atau ada eror ketika membuatnya. silahkan tanya di kolom komentar.


Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel