Cara Membuat Label Undangan 103 di Microsoft Word

Cara membuat label undangan 103 di word - Menggunakan kertas label adalah cara praktis dalam membuat nama dan alamat pada kartu undangan.

Apa itu kertas label? Kertas label merupakan kertas stiker polos yang khusus dan langsung bisa ditulis menggunakan tulisan tangan maupun di print.

Pada umumnya label yang digunakan untuk membuat kartu undangan adalah 103 atau 121. 

Agar proses pembuatan label undangan otomatis di Microsoft Word menjadi cepat, maka kita memerlukan bantuan Microsoft Excel.

Oya untuk membuat label undangan kita bisa menggunakan Microsoft Word 2007, 2010, 2013 maupun 2016.

Catatan: Perlu diketahui, untuk print nama dan alamat pada kertas label polos diperlukan ketelitian dan keahlian khusus. Agar ketika di-print bisa tepat mengenai kertas label. Karena ini berbeda ketika mem-print pada kertas HVS.

Cara Membuat Label Undangan 103 di Microsoft Word

Cara Membuat Label Undangan 103 di Microsoft Word

Ada beberapa tahap untuk membuat label undangan 103 di Ms Word. Yaitu sebagai berikut.

Membuat data label pada Microsoft Excel

Umumnya format penulisan untuk label undangan adalah nama dan alamat penerima undangan. Berikut cara membuat daftar list penerima undangan di Ms Excel.

  • Langkah 1. Buka Ms Excel
  • Langkah 2. Ketik Nama, di dan Alamat. Kemudian isi lah daftar nama-nama dan alamat penerima undangan.
  • Langkah 3. Simpan datanya.

Membuat template label undangan di Microsoft Word

Disini kita akan membuat template label undangan nomor 103. Template tersebut berfungsi untuk meyimpan text yang akan di cetak. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Langkah 1. Buka Ms word. Pada  tab menu Mailings silahkan klik Start Mail Merge => pilih Labels.
  • Langkah 2. Maka akan muncul jendela Label Options. Untuk opsi Label vendors pilih Microsoft dan Product Number pilih 1/2 Letter.
  • Kemudian klik New Label. Lalu buat settingan-nya seperti gambar dibawah ini. 
  • Langkah 3. Klik Oke. 
  • Langkah 4. Kemudian klik icon +, maka akan tampak seperti kerangka templatenya. Untuk memuncul kan template label nya, silahkan klik menu Home => klik icon empat kotak => pilih All Borders.

Memasukkan data Excel kedalam template label

Setelah selesai membuat data di Excel dan template label undangan di Word. Selanjutnya kita akan memasukkan data dari Excel ke dalam template label yang sudah kita buat tadi. Caranya sebagai berikut ini.

  • Langkah 1. Klik menu Mailings => klik Select Recipients => pilih Use an Existing List => pilih data penerima undangan yang kita buat di Excel tadi => klik Open.
  • Langkah 2. Kemudian akan muncul jendela Select Table. Pilih data Excel tadi (disini namanya Sheet1$) => klik Oke. Maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah 3. Selanjutnya untuk menampilkan nama dan alamat penerima di template label undangan. Caranya klik menu Mailings => Pilih Insert Merge Field => klik Nama, di dan Alamat.
  • Langkah 4. Agar semua template label undangan secara otomatis berisi nama dan alamat penerima, silahkan klik Mailings => klik Update Labels.

Untuk memunculkan nama dan alamat penerima, klik Mailings => pilih Preview Results.

Apabila semua daftar nama penerima undangan yang ada di excel tidak muncul, silahkan klik Mailings => Finish and merge => pilih Edit individual documents => pilih All dan klik Oke.

Catatan: Supaya rapi, atur semua text menjadi rata tengah. Caranya blok semua text dengan menekan tombol Ctrl+A, kemudian klik center.

Cara print label undangan di Microsoft Word

Sebelum melakukan print out, silahkan Border dalam dokumen dihilangkan terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah mencetak label dengan printer. Caranya pada menu Mailings klik Finish and Merge => pilih Print Dokuments.

Maka akan ada tiga pilihan sebagai berikut:

  • All: Cetak semua daftar nama dan alamat.
  • Current record: Cetak nama-nama dan alamat yang sedang muncul di Ms.Word.
  • From: Cetak nama-nama pada nomor terntentu pada data yang terisi didalam file excel yang sudah kita buat. Misalnya Anda mau mencetak data nama dan alamat pada nomor 10 sampai 15 saja, maka masukkan angka From 10 to 15 => klik OK.

Catatan: Untuk menghindari kesalahan saat mencetak label undangan, pastikan Anda sudah mengatur ukuran kertas sesuai dengan ukuran kertas label yang digunakan. Pengaturan kertas bisa Anda lihat di menu Properties pada saat memilih printer yang akan digunakan.

Video Tutorialnya



Penutup

Cara membuat label undangan otomatis di Microsoft Word yang sudah saya jelaskan diatas dapat Anda praktekkan sendiri.

Jika Anda sudah melakukan sesuai dengan tutorial yang saya berikan, pasti Anda akan berhasil membuatnya. Namun jika masih ada kendala atau kurang jelas, silahkan beri pertanyaan di kolom komentar.


Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel