Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Lolos Seleksi

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Lolos Seleksi

Cara Daftar Kartu Prakerja – Bagi Anda yang sedang tidak bekerja atau menganggur, Anda dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti Program Kartu Prakerja.

Dengan mengikuti program kartu prakerja ini, tentunya dapat membantu Anda yang sedang mengalami masa-masa sulit, apalagi jika Anda baru saja di berhentikan (PHK) oleh perusahaan ditempat Anda bekerja. Baca juga: Cara Menghapus Akun Prakerja.


Kartu PraKerja

Kartu prakerja adalah salah satu program unggulan Presiden Joko Widodo untuk mengurangi jumlah pengangguran dengan memberian kartu prakerja yang berisi beberapa nominal rupiah yang bisa digunakan untuk pelatihan.

Total biaya bantuan yang diberikan yaitu sebesar Rp 2,55 juta kepada orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan, atau bahkan korban PHK, serta UMKM yang kehilangan pendapatan mereka.

Dari jumlah uang tersebut, Rp 1 juta digunakan untuk biaya pelatihan dan sisanya diberikan dalam bentuk uang saku dan insentif. Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair.

Secara rinci, pemerintah akan mengirimkan uang saku sebesar Rp 2,4 juta selama 4 bulan, sehingga setiap bulannya mendapatkan sebesar Rp 600 ribu. Sementara itu, untuk insentif sebesar Rp 150 ribu merupakan uang yang akan dikirimkan setiap kali peserta selesai mengisi survei untuk evaluasi.

Cara mendapatkan kartu prakerja bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Pembuatan Akun Kartu Prakerja

Ada tiga kriteria agar lolos bagian administrasi kartu prakerja antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), usia di atas 18 tahun dan tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan.

Cara daftar kartu prakerja bisa langsung melalui situs resmi https://www.prakerja.go.id/. Sebelum mendaftar kartu prakerja, Anda harus membuat akun kartu prakerja terlebih dahulu.

Untuk membuat akun prakerja itu sangat mudah, Anda bisa menggunakan email atau nomor ponsel Anda yang aktif. Berikut panduan membuat akun Kartu Prakerja.
  1. Pertama masukkan nama lengkap, email dan kata sandi.
  2. Klik Daftar.
  3. Selanjutnya verifikasi email Anda.
  4. Kemudian lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.
  5. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja

Setelah selesai membuat akun kartu prakerja, selanjutnya Anda harus mendaftar kartu prakerja sesuai dengan gelombang yang tersedia. Berikut ini cara daftar kartu prakerja.
  1. Silahkan login menggunakan akun yang telah Anda buat tadi.
  2. Setelah berhasil daftar akun dan login akun, masuk ke Dashboard.
  3. Isi verifikasi KTP, lalu klik Berikutnya.
  4. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP Anda.
  5. Lakukan Verifikasi Telepon.
  6. Klik kirim.
  7. Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, isi deklarasi survey.
  8. Berikutnya Anda wajib melakukan tes.
  9. Setelah selesai tes, ikuti seleksi batch.
  10. Pilih batch yang diinginkan dan sesuaikan dengan domisili.
  11. Pendaftaran selesai. Selanjutnya tunggu proses evaluasi pendaftaran.

Tips — Agar lolos seleksi, isilah data sesuai dengan keadaan Anda yang sedang mengalami masa-masa sulit dan pastikan mengisi jawaban yang benar pada saat ujian. Jika sudah mengikuti tips tersebut dijamin 99,9% Anda akan lolos.

Nah, jika Anda sudah mendaftar dan lolos kartu prakerja, maka Anda dapat menggunakan saldo Rp 1 juta tersebut untuk membeli pelatihan.

Setelah membeli dan menyelesaikan pelatihan tersebut, maka Anda akan mendapatkan sertifikat yang nantinya dapat Anda gunakan untuk keperluan melamar pekerjaan. Baca juga: Bagaimanakah Cara Membatalkan Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli?.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan uang saku dan insentif dengan nominal yang sudah saya jelaskan diatas.

Namun, jika Anda belum lolos kartu prakerja, Anda dapat mengukuti pendaftaran kartu prakerja di gelombang yang berikutnya.

Saat ini sudah ada 5 gelombang dalam seleksi kartu prakerja ini, dan kebetulan saya sendiri lolos pada gelombang ke 5 ini.

Dan saat ini pendaftaran gelombang ke 6 sedang dimulai. Silahkan daftarkan diri Anda sesegera mungkin, sebelum pendaftaran dtutup.

Cara Sambung Rekening Prakerja

Jika Anda sudah lolos seleksi kartu prakerja, maka Anda dapat menyambungkan rekening prakerja agar bisa menerima uang saku dan insentif yang diberikan selama 4 bulan. Ada beberapa cara sambung rekening prakerja, yaitu sebagai berikut ini.

Catatan: Anda harus menggunakan Bank atau E-Wallet dari mitra prakerja agar dapat sambungkan rekening prakerja.

Cara Daftar LinkAja untuk Cairkan Insentif Prakerja

LinkAja merupakan salah satu penyedia rekening atau E-Wallet berbasis online sekaligus mitra prakerja, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menerima insentif prakerja. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi LinkAja di playstore. Baca selengkapnya: Cara Daftar LinkAja dan Upgrade ke Full Service untuk Cairkan Insentif Kartu Prakerja.

Cara Daftar Akun OVO untuk Prakerja

Selain itu, cara menyambungkan rekening prakerja bisa menggunakan OVO untuk menerima dana insentif prakerja. Cara mendaftarnya pun mudah, Anda dapat mendownload terlebih dahulu aplikasi OVO di playstore. Baca selengkapnya: Cara Daftar OVO dan Upgrade OVO Premier untuk Cairkan Insentif Kartu Prakerja.

Cara Membuat Akun Gopay untuk Prakerja

Gopay merupakan salah satu aplikasi ojek online juga ikut andil menjadi mitra prakerja, jadi Anda dapat sambungkan rekening prakerja menggunakan Gopay. Pertama Anda harus download aplikasi Gojek di playstore. Baca selengkapnya: Cara Daftar GoPay dan Upgrade ke GoPay Plus untuk Kartu Prakerja.

Cara Membuka rekening BNI untuk Prakerja

BNI merupakan satu-satunya Bank BUMN yang menjadi mitra prakerja, Anda dapat sambungkan rekening prakerja menggunakan BNI untuk menerima dana insentif prakerja. Silahkan datang ke cabang BNI terdekat yang ada di darerah Anda untuk mengurus rekening prakerja. Baca selengkapnya: Cara Membuka Rekening BNI Secara Online untuk Insentif Kartu Prakerja.

Untuk Informasi selengkapnya, silahkan Anda hubungi pusat bantuan berikut di Telp (021) 25541246 pada jam kerja setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB atau e-mail info@prakerja.go.id.

Penutup

Demikianlah cara daftar kartu prakerja. Semoga Anda juga ikut lolos kartu prakerja sehingga dapat membantu perekonomian keluarga Anda. Jika ada yang mau ditanyakan seputar kartu prakerja, silahkan tulis di kolom komentar.
Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel