Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Serta Memodifikasinya

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Serta Memodifikasinya

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Cara membuat tabel di word - Dalam membuat sebuah tulisan, terkadang tabel juga diperlukan sebagai data pendukung. Misalnya dalam sebuah skripsi yang di dalamnya terdapat data-data hasil pengujian dan lainya.

Membuat tabel di word itu mudah, sama hal nya ketika kita membuat tabel di ms excel. Baca juga: Cara Membuat Orientasi Potrait dan Landscape Dalam Satu File Word

Pada tutorial cara membuat tabel di word ini, saya akan mencontohkan tabel daftar nilai ujian sekolah dan ujian nasional. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.


Cara Membuat Tabel di Word

Ada beberapa langkah untuk membuat tabel di word yang harus Anda lakukan. Yaitu sebagai berikut.

Langkah 1. Buka aplikasi Microsoft Office Word dan buat dokumen baru.

Langkah 2. Kita ubah terlebih dahulu orientasi kertas menjadi landscape. Caranya klik Page Layout => klik Orientation => pilih Landscape.

Langkah 3. Ketik judul tabelnya dan buat tabelnya sesuai jumlah kolom dan baris yang diperlukan. Caranya klik Insert => Table => pilih Insert Table.

Langkah 4. Maka akan muncul jendela Insert Table, kemudian isi Number Of Colums dan Number Of Rows => klik Oke. Oya, disini saya menggunakan 16 kolom dan 17 baris.

Langkah 5. Kemudian isi dan rapikan kelengkapan data tabel seperti No, NISN, Nama dan lain-lain. Jadinya nanti seperti gambar dibawah ini.

Untuk menggabungkan beberapa kolom maupun baris menjadi satu, caranya blok kolom dan baris yang mau disatukan => klik kanan dibagian yang di blok => pilih Marge Cells.

Langkah 6. Selanjutnya untuk membuat background header tabel nya, caranya blok bagian No hingga ke Rata-rata => lalu klik Desain => pilih Shading dan silahkan pilih warna sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 7. Kemudian kita akan membuat garis ganda untuk header tabelnya. Caranya klik Desain => klik menu yang ada gambar garis seperti ini => lalu pilih garis ganda yang diperlukan.

Selanjutnya akan muncul gambar kuas, lalu letakkan dibagian yang mau dibuat garis ganda dan tarik garis nya dari awal sampai titik akhir. Baca juga: Cara Membuat Page Border (Bingkai) di Word Dengan Mudah

Langkah 8. Sekarang kita akan membuat garis putus-putus. Caranya sama seperti membuat garis ganda tadi,  klik Desain => klik menu yang ada gambar garis => lalu pilih garis putus-putus.

Selanjutnya letakkan kuas dibagian yang mau dibuat garis putus-putus dan tarik garis nya dari awal sampai akhir.

Langkah 9Kemudian kita akan buat penomoran otomatis di baris No. Caranya blok semua baris bagian No => pada menu Home klik icon 3 garis (seperti gambar dibawah ini) => lalu pilih Number Alignment Left.

Langkah 10Untuk mengatur ketebalan garis, pada menu Desain silahkan klik icon 1/2 pt => lalu pilih tingkat ketebalan garis yang diperlukan. Selanjutnya letakkan kuas dibagian yang mau dibuat garis putus-putus dan tarik garis nya dari awal sampai akhir.

Langkah 11Jika mau menambah jumlah kolom dan baris, silahkan blok tabel nya dari bagian no 1 hingga 15 seperti gambar dibawah) => klik Layout => pilih Insert Below.  Sedangkan untuk menghapus tabelnya, silahkan pilih Delete.

Langkah 12Selanjutnya kita akan membuat Header tabel ada disetiap halaman atau lembar kerja yang ada. Caranya blok bagian No hingga ke rata-rata => klik Kanan pada bagian yang di blok => pilih Table Properties.

Maka akan muncul jendela Table Properties => klik Row => centang repeat as header row at the top of each page => klik Oke.

Sekarang kita sudah selesai membuat sebuah tabel yang dimodisikasi dengan keren dengan judul Daftar Nilai Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Memang untuk membuat tabel seperti ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun jika Anda terus belajar dan berlatih, pasti kedepannya Anda akan lebih mudah dan cepat dalam membuat tabel seperti ini.

Download Filenya

Video Tutorialnya


Penutup

Membuat tabel di word sangat mudah kan? Menurut saya sih mudah sekali. Orang yang baru pertama kali menggunakan microsoft word aja pasti langsung paham cara membuat tabel nya.


Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel