Cara Mendapatkan Uang dari Blog Dalam 5 Langkah [Terbaru]

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Dalam 5 Langkah [Terbaru]

Cara mendapatkan uang dari blog - Saat ini anda bisa menghasilkan uang dari internet dengan mudah, salah satunya dari blog.

Blog bukan hanya digunakan untuk menulis dan berbagi cerita, tapi bisa juga digunakan untuk menghasilkan uang. Misalnya dari program Google Adsense, endorsement dan lain sebagainya.

Nah..

Di artikel ini, anda akan belajar cara mendapatkan uang dari blog secara gratis alias tanpa modal. Bukan hanya itu saja. Anda juga akan belajar bagaimana cara membangun dan mengelola blog yang berkualitas hingga bisa menghasilkan uang.

Mau tau caranya??

Simak selengkapnya dibawah artikel ini...

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Pertanyaan tersebut sangat sering ditanyakan oleh blogger pemula. Dan untuk mendapatkan uang dari blog ini sebenarnya cukup mudah, asal tahu langkah-langkahnya.

Bahkan blog bisa anda jadikan sebagai penghasilan utama. Berikut ini ada 7 langkah menghasilkan uang dari blog yang harus anda lakukan.

1. Membuat Blog di Platform Terbaik

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mulailah membuat blog yang berkualitas. Ada banyak platform yang bisa anda gunakan secara gratis, seperti Blogspot, Wordpress, Jomla, Drupal dan lainnya.

Platform apa yang cocok untuk pemula?

Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Namun, menurut saya pribadi ada 2 platform yang cocok digunakan untuk anda yang masih pemula. Yaitu blogspot dan wordpress.

Kedua platform tersebut bisa anda gunakan secara gratis dan ada juga yang versi berbayarnya. Mau tahu lebih jelasnya? silahkan baca artikelnya disini: Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula

2. Membuat Tampilan Blog Responsive dan User Friendly

Anda tahu mengapa kita harus membuat tampilan blog yang responsive dan user friendly?

Alasannya adalah supaya orang yang berkunjung ke blog kita (visitor) merasa nyaman dengan tampilan blog yang enak dilihat dan tidak membuat mata sakit.

Sehingga orang yang berkunjung ke blog kita akan datang kembali untuk mencari informasi atau konten-konten terbaru yang kita buat.

Jadi kita harus membuat template blog yang responsive dan user friendly. Mau tau caranya? silahkan baca artikel berikut ini: Cara Mengganti Template Blogger

3. Membuat Konten Blog yang Berkualitas, Bermanfaat & Menarik

Setelah berhasil membuat blog dengan tampilan yang user friendly, selanjutnya anda harus membuat konten yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya.

Konten bisa dikatakan bermanfaat jika tulisan anda dapat memberikan solusi bagi orang pembaca. Perlu di ingat, ketika pembaca mencari kata kunci di google, maka yang mereka butuhkan adalah jawaban yang dapat menyelesaikan masalah mereka.

Selain bermanfaat, anda juga harus membuat konten yang mampu bersaing dengan kompetitor anda di mesin pencarian google.

Misalnya dengan menggunakan judul yang menarik. Hal ini dilakukan agar pembaca yang memenukan konten (artikel) anda di pencarian google tertarik sehingga meng-klik judul artikel yang anda buat.

Selai itu, gunakanlah kreativitas anda dalam menjelaskan topik yang dibahas. Buatlah menurut pandangan anda sendiri. Agar artikel tersebut berbeda dan unik dari yang lainnya.

Dan anda juga bisa menggunakan tambahan media visual, seperti gambar, foto, video dan illustrasi sebagai pelengkap dari konten anda.

Namun, anda juga perlu menggunkan teknik SEO untuk membuat konten yang berkualitas, selengkapnya bisa anda baca disini: Cara Membuat Artikel SEO Friendly

4. Mencari Pembaca Blog

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, anda harus mencari pembaca (pengunjung). Ada 2 metode yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan pengunjung, yaitu dari search engine google dan media sosial.

Jika anda ingin mendapatkan trafiik organik, maka buatlah konten berkualitas yang bisa bersaing dihalaman pertama mesin pencarian google. Tentunya dalam metode ini anda harus menggunakan teknik SEO.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan pengunjung dengan cara share ke media sosial yang anda miliki, seperi facebook, instagram, twitter, pinterest dan sebagainya.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

Membuat konten yang berkualitas bukan hal yang mudah dilakukan. Dan mempertahankannya itu cukup sulit. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan ya kan?

Jadi, anda harus membuat konten secara konsisten agar mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Mintalah pendapat, saran maupun kritik dari pembaca agar anda dapat memahami apa yang perlu diperbaiki untuk membuat blog anda tetap berkualitas.

Dengan menjalin hubungan seperti itu, pembaca akan semakin setia dengan blog anda. Bisa jadi mereka akan membagikan blog anda ke media sosialnya.

Menghasilkan Uang dari Blog

Agar bisa menghasilkan uang dari blog, tentunya anda harus membuat blog yang berkualitas agar mendapatkan traffik (pengujung) yang banyak.

Ingat, tanpa blog berkualitas, maka sulit untuk bisa mendapatkan uang.

Jadi silahkan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas. Setelah itu barulah anda memikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat anda pilih.

1. Penghasilan dari Iklan

Anda bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara mendaftarkan blog anda ke situs periklanan seperti Google Adsense.

Google Adsense merupakan salah satu program periklanan terbesar yang diselenggarakan oleh Google. Periklanan ini dilakukan melalui media internet.

Cara daftar Google Adsense ini terbilang susah-susah gampang, karena ada yang gagal dan ada juga yang berhasil.

Tergantung hoki juga kayaknya. hahhaha...

Selain adsense, masih ada program periklanan lain yang bisa anda ikuti, seperti Mgid, Adsterra dan lainnya yang bisa anda lihat diartikel berikut ini: Daftar Periklanan Terbaik

2. Penghasilan dari Endorsement

Anda juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara bekerjasama (endorsement) dengan perusahaan tertentu yang ingin produk atau layanannya di promosikan.

Biasanya perusahaan akan menghungi anda untuk membuat kerjasama. Umumnya, perusahaan mau bekerjasama dengan blog atau website yang memiliki kualitas tinggi.

Jadi buatlah blog yang berkualitas agar banyak perusahaan yang ingin bekerjasama dengan anda.

3. Penghasilan dari Afiliasi

Cara mendapatkan uang dari blog yang tidak kalah popolernya adalah dengan program afiliasi.

Maksud dari Program Afiliasi adalah membuat konten yang ditulis untuk mengarahkan pembaca membeli produk, jasa ataupun layanan yang dijual di situs web lain.

Setiap ada yang membeli produk melalui link atau banner anda, maka anda akan menerima komisi sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh situs yang menyediakan program afiliasi tersebut.

Besarannya komisi yang diberikan itu berbeda-beda, bisa 10 %, 30 % hingga 70%. Tergantung perusahaannya masing-masing.

4. Penghasilan dari Jasa atau Layanan

Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan meberikan jasa atau layanan kepada pembaca (pengunjung) blog anda. Misalnya jasa pembuatan artikel SEO friendly, jasa pembuatan situs web, desain grafis dan lain sebagainya.


Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel