Panduan Lengkap Belajar Blog Bagi Pemula Hingga Mahir

Panduan Lengkap Belajar Blog Bagi Pemula Hingga Mahir

Panduan Lengkap Belajar Blog Bagi Pemula Hingga Mahir

Panduan belajar blog bagi pemula - Sepertinya kata "blog" sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena blog ini sudah ada beberapa tahun lalu.

Blog ini sering digunakan seseorang untuk menulis pengalamannya, berbagi cerita, membuat konten hingga digunakan untuk menghasilkan uang.

Bagi pemula, belajar membuat blog sepertinya sangat susah dilakukan, khususnya bagi orang awam. Namun, sebenarnya belajar membuat blog ini cukup mudah. Dengan syarat harus benar-benar mau "Belajar" dan tidak bermalas-malasan.

Jika Anda benar-benar mau belajar, saya akan menuliskan panduan mudah belajar blog bagi Anda yang masih pemula agar mahir dan bisa menghasilkan uang.

Sebelum itu, terlebih dahulu saya akan menjelaskan beberapa hal yang paling umum dalam dunia blogger.

Apa itu Blog?

Blog merupakan salah satu media online untuk memberikan informasi dan tulisan seseorang pada sebuah laman.

Tulisan artikel yang diberikan melalui blog dilakukan secara up to date dari waktu ke waktu. Dan biasanya blog ini di kelola secara pribadi maupun berkelompok.

Fungsi Blog

Sebenarnya fungsi blog itu banyak ya. Tergantung pada si pemilik blog tersebut, mau digunakan untuk apa.

Contohnya saja, saya membuat blog "Galoveti Project" ini untuk membagikan artikel berupa tutorial-tutorial yang berguna bagi setiap orang yang membutuhkannya.

Selain itu, saya juga bertujuan untuk menghasilkan uang dari membuat blog ini. Ya setidaknya untuk sampingan lah. Heheheh.

Apa itu Blogger?

Blogger adalah orang yang membuat serta mengelola satu atau beberapa blog dengan membagikan informasi maupun ide-ide nya malalui tulisan yang dipublikasikan pada sebuah laman.

Salah satu seorang blogger terkenal ialah Mas Sugeng. Dalam dunia blogger, siapa yang tidak kenal dengan nama tersebut.

Seseorang yang sudah sukses di dunia blogger, menghasilkan karya-karya bagus seperti membuat template blogger keren hingga banyak menghasilkan uang.

Nah jika Anda mau seperti beliau, silahkan baca terlebih dahulu panduan belajar blog yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Bab I

Cara Memilih Niche Blog

Niche blog merupakan topik pembahasan dalam sebuah blog atau website. Dengan menentukan niche blog, maka kita bisa menyusun konten apa saja yang akan kita buat di laman website kita.

Misal, Niche tutorial. Maka buatlah konten-konten tutorial yang bisa anda lakukan.

Contoh: cara membuat email baru

Namun, jika anda butuh referensi untuk dapat menentukan niche yang tepat, silahkan baca artikel ini: Cara Memilih Niche Blog Terbaik Bagi Pemula


Bab II

Cara Membuat Blog Gratis

Apakah Anda suka menulis dan ingin mendapatkan uang dari hasil tulisan mu sendiri? Jika iya, maka sudah saatnya membuat blog sendiri.

Masih pemula dan tidak tau cara membuat blog? 

Sebenarnya cara membuat blog itu cukup mudah. Mau tau caranya? silahkan baca artikelnya disini: Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula


Bab III

Cara Mengganti Template di Blogger

Template blog adalah tampilan dari sebuah halaman website beserta seluruh komponen yang ada di dalamnya.

Jika Anda pengguna blogger, maka Anda akan melihat template bawaan yang bisa kita gunakan secara gratis alias free.

Namun, terkadang kita ingin mengganti template (tema) blog kita menjadi lebih rensponsive dan SEO friendly lagi. Jika Anda mau mengganti template, silahkan baca: Cara Mengganti Template di Blogger Bagi Pemula


Bab IV

Panduan Setelan Blogger

Setelah selesai membuat blog, Selanjutnya Anda perlu setting stelan blogger agar menjadi SEO. Hal itu dilakukan untuk mempermudah mesin pencarian google menemukan blog Anda

Mau tau cara seting setelan blogspot agar jadi SEO? silahkan baca: Cara Setting Blogger Agar Jadi SEO


Bab V

Cara Custom Domain Blogspot

Apa itu Custom Domain dan bagaimana cara membuatnya?

Custom domain adalah cara untuk membuat website/blog agar dapat diakses dengan domain milik Anda sendiri.

Dengan custom domain ini, maka blog kita jadi terlihat lebih profesional dan memiliki peringkat di mensin pencarian google.

Jika Anda mau tau cara custom domain blogspot dengan mudah, silahkan baca: Cara Custom Domain Blogspot


Bab VI

Cara Membuat Artikel SEO

Nah ini merupakan hal yang sangat penting agar blog yang kita kelola disukai oleh mesin pencarian google, jadi kita harus membuat artikel SEO.

Karena dengan artikel SEO, maka kemungkinan besar website kita bisa muncul di halaman 1 pencarian google. Sehingga website kita akan mendapatkan banyak visitor secara organik.

Hal tersebut tentu saja sangat bagus untuk website kita. Bagi Anda yang ingin tau cara membuatnya, silahkan baca: Cara Membuat Artikel SEO


Bab VII

Cara Menggunakan Link

Link adalah suatu koneksi yang saling berhubungan antar halaman satu dengan lainnya yang biasanya dijadikan sebagai sumber referensi. Ada terdapat 2 jenis link, yaitu Nofollow dan Dofollow.

Kedua backlink tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan SEO dari sebuah website. Tentunya dengan menggunakan backlink yang berkualitas ya.

Jika ingin tahu lebih mendalam lagi tentang link, silahkan baca: Pengertian Link NoFollow dan DoFollow Beserta Fungsinya


Bab VIII

Cara Mendaftar Webmaster Tools dan Fungsinya

Agar artikel cepat terindex dimesin pencarian google, Anda perlu menggunakan Webmaster Tools (search consule).

Cara ini merupakan salah satu teknik SEO yang banyak digunakan oleh pemilik blog/website, baik itu pemula maupun yang sudah expert.

Cara mendaftarkan website atau blog ke webmaster tools ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang sudah disiapkan. untuk lebih lengkapnya, silahkan baca: Cara Mendaftar Webmaster Tools dan Fungsinya


Bab IX

Konsep Dasar SEO

Secara umum SEO terdiri dari dua jenis, yaitu SEO Onpage dan Offpage. Manfaat dan konsep SEO dasar ini tak lain adalah untuk mengoptimasi website atau blog di mesin pencarian google.

Jika website kita sudah dioptimasi dengan baik, maka artikel yang kita posting bisa bersaing di halaman 1 pencarian google. Ingin tahu lebih lengkapnya? silahkan baca: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja SEO


Bab X

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Setelah Anda selesai membuat blog dan sudah paham hingga konsep dasar SEO yang sudah saya jelaskan diatas, maka sekarang Anda sudah bisa berpikir untuk menghsilkan/mendapatkan uang dari blog.

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan mengikuti program AdSense. Ini merupakan program yang banyak diikuti oleh semua blogger diseluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Dan masih banyak lagi cara untuk mendapatkan uang dari blog yang akan saya jelaskan di artikel berikut ini, silahkan baca: Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Penutup

Begitulah panduan belajar blog bagi pemula sampai mahir agar bisa menghasilkan uang. Sebenarnya membuat website/blog itu tidak sulit, asalkan kita mau belajar dan pantang menyerah. Bahkan jika sudah mahir,  kita bisa membuka jasa membuat website untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Oke cukup sekian dulu pembahasan kita kali ini. Jika mau bertanya atau ada yang kurang jelas, silahkan tulis di kolom komentar. Nanti saya bales kok sebisa saya. hehehhe.

Baca Juga
Next
Previous

Related Posts

0 Komen

Posting Komentar

Catatan Dalam Berkomentar
  • Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus otomatis.
  • Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel